Jumat, 01 Januari 2010

Pekerjaan-pekerjaan Rendah Stres

Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menjuluki stres pekerjaan sebagai “Penyakit Abad ke-20”. Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization) bahkan menamai stres sebagai “World Wide Pandemic” (Pandemi di Seluruh Dunia). Studi menunjukkan bahwa terlalu banyak stres bisa menimbulkan permasalahan kesehatan, mulai migren dan depresi hingga menjurus ke penyakit yang berbahaya untuk nyawa. Jika hidup kita dipenuhi dengan tekanan terus-menerus hingga kita lupa bagaimana cara menikmati hidup, apa artinya hidup ini? Apakah segala yang kita lakukan sudah cukup baik dan berarti untuk hidup? Apakah kita bekerja untuk hidup atau hidup untuk bekerja?

Memang, sedikit stres juga diperlukan untuk bisa mendorong kita lebih baik. Lagi pula setiap pekerjaan secara alamiah memiliki elemen stres, baik positif maupun negatif. Namun, ketika terlalu banyak, bisa berbahaya untuk hidup seseorang.

Situs Yahoo sempat melansir daftar beberapa pekerjaan yang dianggap rendah stres. Perlu diingat, rendah stres di sini bukan berarti tak ada stres sama sekali. Namun, daftar-daftar ini memiliki kombinasi kreativitas dan kepuasan personal yang membuat tingkat nadi dan detak jantung seseorang tetap dalam keadaan normal dan stabil.

1. Akuntan
Bagi Anda yang memiliki kemampuan lebih dalam hal berhitung, pekerjaan menyeimbangkan antara angka pemasukan dan pengeluaran akan menjadi “pelarian” yang menyenangkan. Anda tahu akan mendapatkan kesenangan dengan menghitung dan berpikir mengenai aliran angka-angka ini.

2. Pengajar preschool
Untuk mereka yang menyenangi anak-anak, pekerjaan sebagai guru preschool bisa jadi tantangan tersendiri. Pekerjaan pengajar preschool adalah memperkenalkan dunia kepada anak-anak kecil lewat pendidikan seni, sandiwara, dan musik. Sebelum menjadi pengajar preschool, Anda bisa memperkaya diri dengan belajar di sekolah-sekolah khusus untuk menjadi guru TK atan Taman Bermain.

3. Asisten suster
Asisten suster dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan para tenaga medis dan pasien. Pekerjaan ini akan memberikan perasaan bangga karena bisa membantu orang yang membutuhkan bantuan kesehatan, namun tanpa harus melewati pendidikan kedokteran.

4. Perencana keuangan
Adalah hal yang menegangkan dan mendebarkan ketika kita harus mengeluarkan atau membelanjakan uang sendiri. Namun, ketika kita membantu orang lain untuk mengatur uangnya, berbeda rasanya. Anda bisa membekali diri dengan pengetahuan seputar pajak, asuransi, dan berinvestasi untuk medampingi dan memberi nasihat seputar keuangan kepada mereka yang membutuhkan pengetahuan dan bimbingan untuk mengatur keuangan.

5. Terapis pijat atau asisten terapi fisik
Kebutuhan akan relaksasi meningkat seiring dengan menanjaknya level stres di masyarakat. Salah cara relaksasi yang makin banyak disukai adalah pijatan. Tak heran kebutuhan akan ahli pijat pun bertambah (berkaitan dengan dibukanya tempat-tempat pemijatan). Dengan menjadi ahli pijat, Anda perlu memperkaya diri dengan pendidikan cara memberikan relaksasi kepada orang lain. Makin banyak mencari tahu cara membuat tubuh manusia untuk rileks, Anda pun makin mampu membuat tubuh sendiri lebih rileks lewat terapi-terapi atau latihan tersebut.

6. Pastry chef
Bayangkan Anda adalah orang yang senang meracik, dan sedang berada dalam dapur yang memiliki beragam bahan baku makanan. Wangi butter, gula, dan kayu manis menyeruak di seluruh ruangan. Hmm, pasti menyenangkan sekali. Itulah yang akan dihadapi seorang Pastry Chef saat tiba di kantornya. Meski menjadi koki pastry (roti-rotian) harus bekerja di luar jam kerja biasa, namun kecintaan dan kreativitas yang mereka tuangkan dalam pekerjaan mereka bisa jadi hal yang menyenangkan dan memuaskan. Kebanyakan koki pastry memulai perjalanan kariernya dengan belajar di sekolah kuliner untuk membekali diri dengan kemampuan meracik dan mengenal bahan makanan.

7. Desainer grafis
Umumnya, desainer grafis dalam suatu perusahaan percetakan atau media harus bekerja di bawah tekanan deadline yang ketat, dan ini akan menimbulkan stres. Namun, jika Anda jeli mencari celah, memiliki relasi cukup banyak, plus punya kemampuan mendesain yang baik, Anda bisa mempekerjakan diri sendiri dengan bekerja mencari proyek-proyek lepasan (freelance). Dengan begini, Anda bisa mengerjakan proyek-proyek kerjaan pada waktu-waktu yang Anda rasa paling cocok untuk Anda. Ada beberapa desainer grafis yang merasa lebih cocok bekerja di malam hari, sementara kantor-kantor korporat tidak bisa bekerja seperti ini.

8. Spesialis komputer
Spesialis komputer menggunakan keahlian mereka untuk membantu mengatasi masalah malfungsi teknologi. Dengan pendidikan di bidang pengetahuan komputer, atau cukup dengan berpengalaman dalam pelatihan teknis, Anda bisa menjalani pekerjaan sebagai spesialis komputer untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan umum, sekaligus mendapatkan status “penyelamat”.

Bagaimana menurut Anda? Ada ide pekerjaan yang rendah stres lainnya?

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda