Rabu, 30 Desember 2009

Progresivisme

Progresivisme berasal dari kata bahasa Inggris yaitu progressive yang berarti maju. Sehingga dapat diartikan bahwa progresivisme merupakan aliran filsafat yang menghendaki kemajuan di dalam berbagai bidang, terutama pendidikan. Aliran progresivisme mengakui dan berusaha mengembangkan asas progresivisme dalam semua realita, terutama dalam kehidupan adalah tetap survive terhadap semua tantangan hidup manusia, harus praktis dalam melihat segala sesuatu dari segi keagungannya.

Progresivisme dinamakan instrumentalisme, karena aliran ini beranggapan bahwa kemampuan intelegensi manusia sebagai alat untuk hidup, untuk kesejahteraan, untuk mengembangkan kepribadian manusia. Dinamakan eksperimentalisme, karena aliran tersebut menyadari dan mempraktekkan asas eksperimen yang merupakan untuk menguji kebenaran suatu teori. Progressivisme dinamakan environmentalisme karena aliran ini menganggap lingkungan hidup itu mempengaruhi pembinaan kepribadian.

Teori progresivisme mengutamakan kegiatan belajar yang dilakukan melalui kerjasama dan partisipasi dalam kelompok, serta melalui penyesuaian yang dilakukan peserta didik terhadap lingkungan sosialnya. Pendidikan nonformal, menurut teori progresivisme, merupakan proses pengembangan sumber daya manusia yang terjadi dalam suatu kesatuan lingkungan dan sekaligus merupakan upaya pembaharuan pengalaman yang dilakukan secara berlanjut.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda